• memaknai sesuatu yang ambigu sama ambigunya dengan membuat sebuah makna ambigu.

    memori jangka panjang~ (bukan tulisan ilmiah tapi ya...haha)


    Scroll dulu sampai habis sebelum lanjut :p *hoho* Rasanya pengen banget dibikin novel klo inget masa2 itu..haha. Ini udah kesekian kalinya aku berpikir seperti itu, cuma kayaknya repot klo dibikin novel karna harus modifikasi ini itu, kata2nya harus dipercantik, belum lagi klo mentok di tengah2, ah gak jadi deh. Aku ceritanya di blog aja deh, semoga yang bacanya sedikit...haha. Beda hal-nya dengan bikin novel, karna novel itu konsumsi publik jadi ya harus dimodifikasi, sedangkan di blog ini pure bener2 cerita asli. Rasanya sayang aja klo cuma diinget2 doang padahal banyak memori yang terlintas, dari mulai romantis sampe teriris.

    Oke, mulai dari perkenalan dulu. Biasanya klo dimana2 kan selalu muai dari perkenalan. Perkenalan maksudnya siapa sih dia yang aku maksud? Dia first love aku, hahaha...aku nyadar dia first love pas SMA, berarti sukanya pas kapan dong? Kelas 3 SMP, huahahaha...eh, enggak deng...kelas 1 SMP awal mulainya cuma waktu itu kayaknya sih masih suka2an iseng doang, ya namanya juga masih kecil *emangnya kelas 3 SMP itu udah gede ya de? -__-*
    Aku suka sama dia kelas 3 SMP juga karna sering ngeledekin dia sama temen di depan bangku aku dan lama2 malah aku yang suka -__- . Aku suka sama dia masih rahasia2an (awalnya), aku cuma curhat ke temen semeja...kemudian ke temen depan meja, dan selanjutnya ke temen di samping meja, sahabat dari SD yang beda kelas, sahabatnya sahabat (2 orang), dan lama kelamaan menyebarlah itu sekelas aku, dan beberapa orang di kelas lain -________- . Beberapa orang sempet nanya ke aku itu bener atau nggak, tapi aku selalu nyangkal...kenapa nyangkal? Karna sepengetahuan aku dan beberapa orang (lumayan banyak), dia suka banget2 sama cewek yang udah nolak dia. Padahal temennya bilang klo awalnya cewek itu yang suka duluan dan setelah dia ngeliat cewek itu, dia ternyata juga suka...dan ditembak lah, tapi ternyata malah ditolak. Kecewa banget lah itu pasti, keliatan banget sampe dia bikin komiknya di file dia sendiri (dia emang jago gambar).

    Setelah kita reuni setelah lulus SMA (pas aku kuliah semester 7), barulah aku tau klo ternyata aku sama dia dulu saling suka. Ya kita saling suka, tapi kita gak pernah jadian meskipun ada beberapa hal2 manis yang terjadi di antara kita. Dia, kayaknya tau klo aku suka sama dia...tapi sayangnya aku gak tau dan gak sadar klo dia juga suka sama aku. Aku tau hal ini dari sahabatnya, setelah dia bilang klo dulu juga pernah suka sama aku -__-. Cuma anaknya nyantai sih dan agak selengean, jadi nyantai juga ngobrolnya (meskipun awalnya kaget banget). Dulu sahabatnya ini (sebut aja U), kakak-adik-an sama aku. Eitsss...tapi bukan cuma sama aku aja loh, ada beberapa boo..  U bilang “lu jadi adek gue aja deh”. Ya udah deh, aku nganggep dia kakak tapi gak pernah manggil kakak sih, haha (karna emang asik ngomong sama dia dan bisa sekalian cari info tentang  first love aku juga kan, hehe :p)...
    Oke, balik ke cerita pas aku sama dia dan temen2 reunian untuk buka puasa bersama. Setelah event itu, pada saat dia bilang cowok itu suka sama aku, katanya dia gak nembak aku karna ada suatu hal yang gak bisa dia langgar (semacam prinsip kayaknya). Aku mikirnya ‘prinsip persahabatan’ mungkin ya.. soalnya temen sebangku-nya juga suka sama aku (dia nembak pas mau lulus), dan aku lihat sebelum temen sebangku-nya nembak aku, mereka udah gak sebangku lagi. Orang itu (sebut aja L *untuk first Love :p * ) pindah tempat duduk, aku gak tau sih alesan pastinya kenapa.

    Dulu, pas SMP...dia bikinin aku account game ragnarog online (karna aku tertarik tapi jarang bisa ke warnet), sempet ngajak buat maen bareng di warnet (tapi aku nolak karna apa ya, lupa.. aku cerita ke temen samping meja, katanya klo udah ngajak begitu itu mau PDKT berarti. Seneng sih, tapi aku gak anggep serius omongan temen aku itu), dan bahkan dia pernah mainin account aku katanya ==a, sempet bikinin gambar di binder aku (dia yang minta binder aku loh, terus ujug2 aja ngegambar), sempet duduk sebelahan beberapa kali (klo ini lebih banyak aku yang bikin modus, hahaha *genit juga ya ternyata -__-* ...pernah juga karna kepepet sih, atep kelas bocor, jadi didempet2in gitu deh meja-nya..hihi), dan dia pernah nulis “TIRA” di papan tulis kelas (nama belakang aku siapa coba? augisTYRA :p haha *ge-er banget yah* ), dll yang mungkin aku lupa atau emang gak ada lagi ya? Hehe. Ya meskipun gak ada lagi, tapi itu memori yang manis buat aku klo diinget :) dan lebih manis lagi klo memori2 setelah beberapa tahun gak ketemu terus reunian itu terlintas.

    Waktu itu, mau buka puasa bersama...di sms janjiannya di sekolah, tapi ternyata di lapangan -_- Ujan deres banget dan aku gak bawa payung. Aku gak punya nomor lain selain yang sms aku itu (cewek). Aku telpon lah, bilang udah di sekolah tapi gak ada orang dan dia jawab katanya pada ngumpul di lapangan, nanti aku dijemput deh. Bilangnya sih temen sebangku si L itu yang jemput...dalem hati aku “oow, mudah2an biasa aja ya nanti.”. Tapi ternyata eh ternyata saudara-saudara sekalian, yang jemput itu si L dong. Awalnya aku bingung, “itu kayaknya bukan temen sebangku L deh...siapa ya? Kok kayak L....ah, masa sih?” dalem hati aku, dan bener dong ternyata itu si L...motornya mendekat ke arah aku, dia buka helm dan bilang “dea, ini L.” Aku cengo sepersekian detik campur perasaan deg2an + seneng (dalem hati: “ih, si L ikut ternyata...asik XD"), haha. Boncengan lah aku, neduh di bawah jas ujan bagian belakang yang dia pake...dia ngambil barang yang aku bawa karena aku takut barang itu kebasahan dan sampe rusak klo nanti keujanan. Dia tutupin barang yang aku bawa itu pake jas ujan bagian depannya (dia pake jas ujan motor yang jubah tea). Pas neduh di bawah jas ujannya.. anget rasanya *padahal sebagian kaki aku udah basah kuyup...haha* mungkin karna deg2an kali ya jadi begitu ;p . Nyampe di lapangan, kita ngobrol rame2...nanya kabar dan sebagainya. Gak lama di sela2 pembicaraan, si L nanya no. Hp +fb...dikasih tau lah dengan suka cita, hahaha. Trus temen aku (cowok), dia mau foto bareng...cuma berdua tadinya, tapi tau2 si L nyempil, jadi bertiga deh...haha. Ngobrol2 lagi, gak lama dia pergi katanya mau beli sesuatu dan pada saat dia pergi, dia sms aku nanya “mau dibeliin antang*n gak? Keujanan gitu ntar masuk angin lagi.” Tapi aku jawab nggak, bisi gak enak takut ngerepotin. Dia balik ke tempat semula, ujug2 ngasih antang*in 2 biji sambil ngomong “nih, biar nanti gak masuk angin :D”. Aku terima sih tapi sambil bales: “ih, dibilangin gak apa2 juga..malah dibeliin. Hmm...makasih ya :D”. Ngobrol2 lagi, aku berasa mau pipis, nanya toilet dimana...dikasih tau deh dan si L nanya “mau dianterin gak?” | “gak usah, gak apa2 sendiri juga.” | tapi tetep weh dia nganterin dan nungguin di luar (gak di depan pintu banget yaaa). Sambil ngobrol sama temennya juga sih sambil nungguin dan karna keasikan ngobrol, jadi gantian aku yang nungguin *pa tunggu2an...haha*.  Udah mau bedug maghrib, bingung mau buka puasa dimana...ujung2nya makan bakso di seberang lapangan. Karna mau sholat dulu, jadi aku cuma naro tas di kursi.. Selesai sholat, liat tempat duduk sebelah kanan aku...”wah L, aduuh...wah, asik” dalem hati :)). Makan2, terakhir acaranya berkunjung ke rumah temen yang sms klo ada bukber itu. Dia gak jadi dateng karna motornya bermasalah dan ujan deres juga pas sore-nya. Kita ke sana pake motor semua, dan aku lagi-lagi goncengan sama L...hehe. Sampe rumah temen, ngobrol temu kangen, aku pulang duluan karna ngeliat udah jam 8 (atau setengah 9 ya?)...bisi ngomel2 ntar ibu negara klo pulangnya kemaleman. Aku pulangnya dianter pake motor, tapi bukan L *yaaahh*... pada oper2an gitu masa “siapa nih yang nganter dea” -_- dalem hati: “ah, kok L gak langsung inisiatif sih? :|” tapi ya udah lah, gak begitu aku pikirin juga.

    Selesai acara bukber itu, beberapa hari kemudian baru lah U ngasih tau hal tadi (yang udah aku tulis di atas) lewat chat fb. Aku bales “klo sekarang dia masih suka gak?”| U bilang “gak tau sih klo sekarang, cuma setelah bukber L bilang dea makin cantik aja.”| aku jawab “yah, cowok bilang cewek cantik kan bukan berarti dia suka sama cewek itu.”| U: “iya sih” | *sedikit manyun*.
    Abis lebaran, ada reuni SMP lagi...tapi ini bukan cuma untuk kelas aku, tapi semua kelas seangkatan. Yang dateng pertama L dan berikutnya aku, dua2nya pake baju abu2 lagi *abaikan soal baju :))*...waduh, speechless udah, haha. Berusaha untuk gak diem2an sambil nunggu yang lainnya dateng. Akhirnya banyak yang ngumpul, makan siang di tempat yang deket2 situ, setelahnya sebagian dari yang ngumpul tadi jalan2 maen ke sentul...pake motor, tapi sayang gak goncengan lagi sama L *ngarep, haha*. Keliling2 di sana sebentar, foto2, lanjut makan baso di pakuan, lanjut ke rumah temen satu lagi. Lagi2 sampe malem, aku liat udah jam 8...saatnya pulang duluan berarti, dianterin lagi pake motor....sama temen sebangkunya L (semeja sih sebenernya, kan bangkunya cuma muat buat satu orang -_-). Udah.

    Lanjut ke pertemuan berikutnya, ada temen sekelas yang kecelakaan motor...dia kecurian, alhamdulillah gak sampe luka parah. Kita2 jenguk ke rumahnya, aku goncengan lagi sama L...ihiy *girang bener ah dea mah :))*. Sampe di rumahnya, ngobrol2 tanya keadaannya dan lain2. Ujug2 terakhir si L ngajakin maen kuis “jujur/berani” sambil nyengir2. Dalem hati, “aduuuhh....ngapain sih L?? Ah, pilih berani aja lah ntar...bismillah deh”. Pada milih jujur....pada jujur2 deh ya itu orang. Pas bagian aku, aku milih berani... Pada bingung mau nyuruh ngapain, trus si L ngomong “udah, pilih jujur aja deh.”| aku: “gak mau ah, maunya berani :p” | L: “gak boleh, harus jujur pokoknya.” sambil cengangas-cengenges |aku:  “dih, ini kan game-nya jujur apa berani :p” | L: “ah udah, jujur aja deh ya...harus pilih jujur pokoknya.”| aku: “hih, maksa banget sih...ya udah deh :|”| L: “Apa ya pertanyaannya? Hmmm” ...semuanya langsung pada liat2an dan diajukannya lah pertanyaan ini, yang aku lupa entah dari siapa pertanyaan itu terucap (kayaknya ada beberapa ==a). Pertanyaannya: “siapa cowok yang dulu dea suka pas SMP?” pada nyengar-nyengir yang nanya (klo gak salah). Dalem hati, “oow, kebongkar deh nanti, ketawan deh...gimana klo aku jujur? Reaksinya kayak apa? Bisa2 nanti aku dijauhin sama L...beneran harus jujur nih? Ah, gak usah deh ya.” Aku ngelak beberapa kali, trus bilang “ini dulu ya? Dulu kan berarti? Sekarang belum tentu loh :p” | “iyaaaa” pada serempak. “ayo siapa dea” kata salah satu temen. L senyum2 dikit. Aku (dalem hati): “beneran nih harus jujur? Ah nggak usah deh, takuutt :|”. Setelah diem, aku bilang lagi ke mereka “hmmm...gak jadi deh” | “yah deaaa” jawab rame2| aku: “skip dulu deh, skip dulu...coba lewatin dulu” | “gak bisa, harus jawab sekarang” kata L sambil ketawa2 licik| aku: “skip dulu deh...” | “ya udah, tapi ntar dijawab ya” kata salah satu temen | *aku diem*.
    Lanjut permainan, temen semeja L yang kebagian...pertanyaannya sama kayak pertanyaan yang diajuin ke aku. Dia diem sejenak. Aku kepengen pipis dan agak berasa gak nyaman juga pada saat itu, kemudian aku ke kamar mandi....terdengar suara2 di luar, mereka ngobrol, berarti temen semeja L udah jawab. Aku keluar, pada diem...dan tiba2 “ayo, sekarang yang belum tinggal L” kata salah satu temen.
    Aku: “eh, temen semeja L udah jawab? Ih, tadi kan lagi di kamar mandi...jawabannya apa emang?”
    salah satu temen: “mau dikasih tau nih, temen semeja L?”
    Temen semeja L ngasih isyarat dengan gerakan kepala dan mimik wajahnnya yang secara gak langsung bilang “jangan deh, jangan..”
    Salah satu temen: “tuh, gak dibolehin sama temen semeja L.”
    Aku: “ih, gitu deh *pasang tampang kecewa*”
    Salah satu temen: “ayo, sekarang L... siapa cewek yang waktu disuka waktu SMP”
    L: “siapa ya? Banyak kayaknya, suka sama a, b, c...terus siapa lagi ya?" sambil ketawa2
    Aku: banyak amat -____-
    Salah satu temen: “ih, yang palling disuka...yang bener2 L sukain waktu itu. Siapa?”
    L: “hmm....siapa ya? Klo gua jawab dea gimana?” sambil ketawa2 lagi
    Aku kaget, sedikit seneng karna kurang yakin dan gak begitu percaya klo dia emang suka sama aku
    Langsung pada rame... “wah...wah...wah” terus pada ngeliat ke arah temen semeja-nya L
    L: “hahaha....ntar ada yang marah ya? Hmm... siapa ya? Hmm..” *aku lupa terusannya dia bilang apa, tapi intinya mah gak bener2 ngejawab pertanyaan itu -_-*
    L: “ayo, dea belum jawab nih” cengengesan (tapi tetep ganteng kok *plak*)
    Aku geleng2 sambil bilang “gak mau ah :p”
    L: “ih curaaangg”
    Aku diem..
    Terselamatkan oleh keadaan yang udah mau maghrib, buru2 deh pulang...hahaha *alhamdulillah, selamet*
    Goncengan lagi sama L..
    L: “curang nih dea, gak dijawab”
    Aku:  “yee, kan awalnya juga milih berani...tapi malah disuruh jujur :p”
    L: “curaaaangg”
    Aku: “biarin :p”

    Mampir ke mesjid, sholat maghrib...pulang dengan dianter pake motor, tapi lagi2 bukan dianter L, melainkan dianter temen semeja L :okay:
    Setelah hari itu pun, beberapa hari kemudian (atau minggu ya?)....aku liat status FB-nya berubah menjadi “in relationship with.....”. JEGER!! *berasa ada tegangan listrik di hati #halah. Waktu itu ngeliat statusnya lewat hape dan lagi di kosan temen, nangis sebentar karna temen lagi di kamar mandi. Pas dia udah keluar, buru2 deh ngapus air mata biar gak keliatan nangis...hehe. Trus ngomong ke temen klo mau ke warnet sebentar.. Ke warnet, liat dengan lebih jelas di profil dia *jaman-nya masih suka stalking...haha*. Makin teriris dan akhirnya update status galau pake bahasa ‘planet’ (baca: bukan bahasa alay ya :P). Nangis setetes demi setetes, berusaha nahan juga karna itu tempat umum. Untungnya nginep di kosan temen (karna ada tugas) jadi gak bisa galau maksimal deh. Aku masih belum bisa berenti stalking fb-nya L, sampe dia putus pun sama pacarnya itu (cuma berkurang aja intensitasnya). Mereka pacaran cuma 1 bulan, seneng dong aku...tetep distalking lah dan beberapa bulan kemudian ngeliat status yang sejenis lagi tapi beda nama di samping with-nya “L in relationship with..... now”. Kaget lagi, tapi gak sekaget yang sebelumnya, nangisnya pun sedikit *atau gak nangis ya? Tau deh lupa*. Masih tetep stalking selama kurang lebih 2 minggu...selama itu, ada beberapa hal yang bikin aku rada ilfill sama dia, dan akhirnya aku sadar aku bukan tipe-nya dia banget dan sepertinya dia emang bukan untuk aku. Sejak saat itu aku udah gak stalking2 dia lagi, klopun stalking paling beberapa bulan sekali klo lagi penasaran aja. Habis itu udah, udah jarang mikirin dia...pun klo sampe terlintas, hanya sesekali dan aku pun tersenyum mengingatnya, dalem hati “indah ya :)”. Rasanya itu memori paling banyak aku sama seorang cowok dan manis banget. Iya lah, aku pacaran aja cuma sekali -_- dan rasanya itu bener2 jadi pelajaran banget buat aku, jujur aku lebih menganggap itu sebagai pelajaran, bukan sebagai kenangan indah meskipun ada kenangan yang lebih indahnya dari cerita aku sama L (sorry). Oh iya, dulu aku sempet punya prinsip gak mau pacaran...dan itu sedikit disebabkan oleh L. Kenapa? Karna di pikiran aku, aku gak mau pacaran, tapi gak tau gimana jadinya klo udah ketemu sama L (lagi)...”mungkin berubah?” dalem hati dengan sedikit mengkhayal setelah ketemu L, aku pacaran sama dia...atau kata lainnya “aku akan ngejauhin cowok2 yang coba ngedeketin/suka sama aku sampe aku ketemu sama L lagi, sampe batas waktu yang tidak ditentukan.” Aku sampe mimpi 2-3 kali ketemu sama dia *ababil banget dah :)). Setelah sekitar 5 tahun pun (apa lebih ya?) aku nunggu, akhirnya ketemu juga sama L dan ternyata dia emang bukan jodoh aku, bukan sosok cowok yang aku inginkan sebenarnya (meskipun ganteng, model, pinter, dll) dan dia juga gak menginginkan aku. Meskipun begitu, aku sama sekali gak menyesali pertemuan itu...aku malah bersyukur, akhirnya aku dapet juga jawabannya meskipun harus menunggu sangat lama :). sementara ini cerita aku sama L masih aku anggep lebih dan paling indah dibandingkan pas aku pacaran dulu, yang udah putus tahun lalu. Mungkin akan ada memori lain yang paling indah dan paling banyak untuk aku kenang yang bisa mengalahkan memori aku tentang L...yaitu memori tentang suami aku, kelak, yang entah siapa belum diketahui identitasnya :). Aamiin.
    oya, klo memori2 itu terlintas, suka mikir "gimana klo seandainya aku jujur ya pas maen jujur/berani dulu? mungkinkah aku sama L akan jadian? hmmm"...ah tapi klopun jadian, akan putus juga sepertinya :) kenapa? ya kayak yang dibilang tadi, aku ngerasa dia bukan untuk aku.




    Sekian. Jadi juga ini ‘cerpen’ (panjang bener yak...ahahaha).

    2 komentar:

    1. Ralat tuh, mustinya Ragnarok. Bukan Ragnarog.
      Udah..

      itu aja komennya :))

      BalasHapus
    2. ho iya, lupa :))
      udah lama sih banget sih itu game-nya :P

      BalasHapus

     

    About Me

    Foto saya
    just a human :D sometimes i'm invisible...haha

    Follower