• memaknai sesuatu yang ambigu sama ambigunya dengan membuat sebuah makna ambigu.

    Sherlock Holmes dan Pengarangnya


    sebagian besar pasti udah pada tau siapa itu Sherlock Holmes. Postingan ini juga dibuat ya karena pengen aja (baca: biar nambah post...haha). Oke, langsung aja...


    Sherlock Holmes
    Seorang detektif fiktif karangan Sir Arthur Conan Doyle. Dalam novel sherlock holmes, sering kali ia digambarkan berpasangan dengan Dr. John H. Watson, sebagai rekannya. Sherlock diceritakan memiliki kemampuan deduksi dan memecahkan kasus yang tinggi.

    Dalam novel-novelnya, Sherlock Holmes menyebut dirinya "detektif konsultan", orang yang dimintai tolong dalam suatu kasus ketika kasus tersebut dianggap terlalu sulit untuk dipecahkan polisi dan detektif lain. Bahkan sering diceritakan bahwa dia dapat memecahkan suatu kasus tanpa harus meninggalkan rumahnya (221b Baker Street London NW1 6XE England - yang saat ini dibuat sebagai museum Sherlock Holmes).

    Ia sangat handal dalam menyelesaikan kasus-kasus yang tidak biasa dengan menggunakan kemampuan analisisnya yang luar biasa, dan sering juga menunjukkan kemampuannya ini kepada klien atau orang yang barunya dengan membuat analisis langsung tentang pribadi atau hal-hal yang baru saja dilakukan sang klien atau orang tersebut. Ia dapat menggambarkan profil detil seseorang hanya dengan melihat riasan dan pakaian orang tersebut (dalam dunia investigasi disebut : PROFILER)

    Sherlock dijabarkan sebagai pribadi yang sangat cuek, oleh sebab itu Dr. Watson mendampinginya dan "mengurus" holmes, Dr. Watson juga menjadi penulis yang menuliskan kisah2 Holmes, menjadi ‘tempat sampah’ bagi sindiran dan humor2 sarkastis Holmes, juga kritikan2 pedas Holmes terhadap tulisan2nya yang terkadang menurut Holmes kurang memaparkan fakta kasus.

    Satu-satunya wanita yang mengesankan bagi holmes adalah Irene Adler (cuma sebatas terkesan, bukan jatuh cinta). Irene adalah seorang tokoh fiksi yang terdapat dalam Sherlock Holmes cerita "Skandal di Bohemia" oleh Sir Arthur Conan Doyle, yang diterbitkan pada bulan Juli 1891.Dia adalah salah satu wanita yang paling menonjol karakter dalam seri Sherlock Holmes, walaupun hanya muncul dalam satu cerita. Dalam satu cerita, "The Adventure of Charles Augustus Milverton", Holmes bertunangan dan akan menikah, tetapi hanya dengan motivasi memperoleh informasi untuk kasusnya.

    Holmes dapat bermain biola dengan sangat baik. Pengetahuannya dalam bidang kimia sangat besar, karena ia ditampilkan sebagai seorang mahasiswa kimia. Ia merupakan seorang ahli tinju dan baritsu, serta pakar dalam bermain single stik (tongkat), dan juga pandai bermain pedang. Holmes juga mempunyai pengetahuan praktis yang baik dari hukum Inggris.


    Sir Arthur Conan Doyle 
    Seorang pengarang cerita fiksi terkenal, Ia lahir di Edinburgh - Skotlandia (22 Mei 1859). Ia berkebangsaam Inggris. Ayahnya bernama Charles Altamont Doyle, dan ibunya née Mary Foley. Orang tuanya menikah pada tahun 1855. Ia di baptis di Katedral St Mary's di Edinburgh dan memperoleh nama baptis 'Arthur Ignatius Conan' dan Doyle sebagai nama keluarganya.

    Salah satu cerita karangannya yang paling terkenal adalah Sherlock Holmes. Ia mendapat gelar dokter dari Universitas Edinburgh dan mulai membuka praktek di Southsea, Inggris pada tahun 1882.

    Sir Arthur Conan Doyle mendapat ilham penamaan Sherlock Holmes dari gabungan 2 tokoh idolanya, Hakim Agung Amerika Oliver Wendell Holmes, dan Atlet Cricket Inggris bernama Sherlock.Sedangkan untuk model penciptaan dan karakteristik Sherlock Holmes, Sir Arthur mendapat ilham dari salah 1 dosennya, dr. Joseph Bell, dosen merangkap ahli forensik. Bakat dan keahlian forensik Dr. Bell sangat membuat kagum Sir Arthur mengingat forensik merupakan ilmu baru pada masa itu.

    Sir Arthur Conan Doyle meninggal pada tanggal 7 July 1930 karena serangan jantung di usianya yang ke 71 tahun. Kata2 terakhirnya ditunjukkan untuk istrinya, "You are wonderfull". 

    sumber: (maaf, file-nya ilang dan ini draf tahun lalu -_-)

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    About Me

    Foto saya
    just a human :D sometimes i'm invisible...haha

    Follower