• memaknai sesuatu yang ambigu sama ambigunya dengan membuat sebuah makna ambigu.

    Juli-September (2010) = PKL atau liburan? XD (Part 6)


    Akhirnya hari yang ditunggu2 (?) dateng juga...hari pertama PKL, hari senin tepatnya tanggal 12 Juli 2010. Kita pada bangun kesiangan dong...hahaha :hammer: . Kita dateng ke kantor kurang lebih jam setengah 10. Baru hari pertama aja udah kesiangan coba, padahal mess deket banget...tinggal jalan kaki berapa menit ke kantor juga udah nyampe *ckckck* . Haduh...pada ngebayangin klo manager sama asmannya ngomelin kita atau nyindir2 halus. Deg2an banget pas udah mau nyampe kantor, pada berdoa dalem hati masing2 biar gak diomelin...hehehe.

    Yak! manager dan asman udah nampak di depan muka, kita pun mulai menginjakkan kaki ke kantor...
    “assalamu’alaikum”
    “wa’alaikumsalam. sekarang mau ke bagian mana dulu PKLnya?”  Tanya asman.
    “ke bagian persediaan pak” jawab salah satu temen aku
    “oh...berarti kalian ke atas sana. lewat sini nih..” kata asmannya
    “iya pak...makasih ya pak” jawab kita serempak sambil nunduk pamitan.
    setelah keluar dari kantor dan jalan ke bagian persediaan bahan baku..
    “huft...alhamdulillah ternyata gak diomelin, hehehe” kataku
    “iya...aku kira tadi bakal disindir2 kita” kata temen  aku
    “untung banget ya” kata temen aku yg satunya sambil ngengir2

    Setelah nyampe, kita langsung ngeluarin buku tulis sama pulpen. di sana kita nyatet berat getah pinus yang ada di setiap drum, sama ngitung produktivitas pekerja (jumlah waktu yang dibutuhkan pekerja untuk pindahin getah 1 truk ke bak getah, dibagi jumlah drum dalem 1 truk tersebut). Trus karna drum yang dateng sedikit, jadi kita kerjanya cuma sampe dzuhur…hahaha. Gila gak tuh? Udah datengnya telat (jam setengah 10), trus udahannya sekitar jam 12an…ckckck. Ya mau gimana lagi, kita mau ngerjain apa lagi selain itu? Minggu pertama kan fokusnya di bagian persediaan aja…jadi klo di bagian persediaan udah gak ada kerjaan lagi (gak ada bahan baku yang masuk), ya kita udahan.

    Setelah itu kita nyari makan siang, setelah makan siang gak tau ngapain lagi *lupa*…hehe. Pokoknya selama seminggu itu, hari pertama dan setelah tanggal 15 kita cuma kerja sampe jam 12. Pas tanggal 13, 14, dan 15 kita kerja sampe sore karna getah yang masuk banyak dan emang selalu banyak setiap tanggal segitu tiap bulannya. Getah banyak dipasok pas pertengahan bulan dan akhir bulan. Ini sebagian foto di bagian persediaan. Yang pertama sama kedua itu truk yang bawa drum2nya…klo lagi sedikit, biasanya cuma truk kecil. Sedangkan klo banyak, yang bawa truk gede. Trus di foto ketiga, drum dibuka tutupnya kemudian ditimbang di timbangan digital. Berat getah diitung dari berat keseluruhan dikurangin berat drum yang kosong. Udah ditimbang, getah yang di drum dituang ke bak getah seperti yang ada di foto ke-4 (agak disgusting emang, tapi ya begitu lah getah pinus. Walaupun tampilannya begitu, tapi getah pinus punya aroma yang khas. Foto ke-5 adalah penampakan bak getah dari jauh.

        

    Dan seperti biasa, pas weekend kita jalan2~ hohoho. Waktu itu ke kota apa cuma sampe jatinangor ya? Lupa euy…udah kelamaan sih ini draftnya, jadi banyak lupanya..hehehe.
    Di minggu ke-2, kita masuk ke bagian produksi…hari pertama pengenalan alat2 dan SOP/cara kerjanya. Di sana alat2nya kebanyakan tangki2 besar gitu. 


     

    Ini salah satu tangkinya (gambar sebelah kiri), tangki pemasakan dimana fungsinya untuk menguapkan terpentin dari larutan getah murni (getah yang udah terpisah dari kotoran2 seperti debu, serasah, dll). Foto yang di bawahnya itu  proses pemasakannya.Waktu itu fotonya begitu karna kameranya lagi kotor lho ya, bukan karna ada “sesuatu” :p
    Abis dimasak, gondorukem (getah yang udah diuapkan) ini di tuang ke kaleng drum buat dijual (seperti foto di atas sebelah kanan). Sebelum dijual, gondorukem ini diambil sebagian untuk diuji kualitasnya. Kita ke bagian persediaan 1 minggu, produksi 2 minggu, penanganan limbah 1 minggu, pengujian 2 minggu, pemasaran 1 minggu, dan bikin buku profil perusahaan 1 minggu.


    Foto di atas merupakan limbah dari hasil pengolahan getah. Yang kiri limbah padat (serasah, kulit pinus, debu, dll), yang kanan limbah cair (getah kotor yang bercampur dengan bahan2 kimia yang digunakan dalam proses).

     Ini sampel gondorukem yang akan diuji, mulai dari visual (warna) sampe uji laboratorium (titik lunak, kadar kotoran, komponen menguap).

    2 komentar:

    1. INI LOKASI PABRIK PENGOLAHAN GETAH PINUSNYA DIMANA?

      BalasHapus
    2. Di nagrek, tepatnya nama perusahaannya PGT Sindangwangi

      BalasHapus

     

    About Me

    Foto saya
    just a human :D sometimes i'm invisible...haha

    Follower