• memaknai sesuatu yang ambigu sama ambigunya dengan membuat sebuah makna ambigu.

    CTL (Contextual Teaching and Learning)


    inget jaman2nya SMA, jadi kangen...hehe. aku pengen nyeritain kegiatan CTL. CTL mulai ada pas kita kelas 2 SMA. apa itu CTL? singkatannya udah ditulis di judul ya :D...dan klo diartiin dari singkatannya berarti konteks mengajar dan belajar. tapi aku gak bisa ngejelasin secara panjang lebar atau bakunya gimana, hehe..  mungkin penjelasan secara singkatnya belajar yang metode ataupun isinya (kadang2) gak berdasarkan kurikulum di sekolah. jadi kita belajar dengan cara yang berbeda, yaitu dengan cara keluar sekolah (sekalian jalan2 juga klo tempatnya bagus....hihihi).

    pernah sih waktu itu sekali gak keluar...pas CTL ke-2, kegiatannya kayak maen kartu gitu. kartunya dibuat dari karton sama kepala sekolah, trus kartunya diisiin materi2 pelajaran. huaaahhhh....bener2 malah jadi mumet dan banyak yang ngeluh waktu itu. yang pertama kan CTLnya keluar gitu, ke perpus LIPI bogor. ya walaupun ke perpus tapi kita kayak maen2 gitu, hihihi. cuma sekedar liat2 buku, klopun dibaca ya paling cuma baca sekilas aja...hehe. nah, pas CTL yang ke-2 kita kira kayak yang pertama....keluar maen2 gitu, eh ternyata malah di kelas maen kartu yang tulisannya materi2 pelajaran (klo gak salah matematika materinya ==). jadi pada kecewa deh, huuuuuu *sorakin dalem hati...hahaha*. tapi mungkin guru2 pada ngerti klo kita bete pas waktu CTLnya di dalem kelas, jadi CTL2 berikutnya diadain di luar kelas *horeeeeee....hohoho*.

    klo gak salah CTL yang ke-3 kita pergi ke kebun raya bogor. kita ngukur tinggi taneman dong (klo pas SMA dulu mikirnya ni kurang kerjaan banget deh, tapi pas kuliah ternyata ada tujuan tertentu ngukur2 gitu). jadi ntar buat data statistik gitu, trus terakhir dipresentasiin. ya walaupun males ngerjainnya tapi karena sambil jalan2 jadi berasa seru kegiatannya ^^. di setiap CTL pasti ujung2nya presentasi di depan murid2 lain...walaupun kelompok, tapi masing2 anggotanya harus kebagian ngomong dan karena belum biasa, jadi masih pada kagok....ya maklum lah, hehe.

    selain ke kebun raya, kita juga ngunjungin ke tempat2 lain....ke pasar anyar sama PGB (Pusat Grosir Bogor), museum perjuangan, balitro (balai penelitian dan produksi) tanaman obat, bodogol (di gunung gede pangrango), sungai di belakang sekolah, pabrik tahu, dll (lupa lagi...hehe). lucu2 deh klo ngingetnya...oya, yang ikut CTL bukan cuma kelas aku aja...tapi kakak/adek kelas juga ikut. kelas cowok cewek pun dipisah. nah, waktu disuruh ke pasar, kita (yang kelas aku) sempet nyasar tuh...hahaha. kita kan disuruh ke 2 pasar, pasar tradisional sama pasar modern. klo pasar modern kayak di dalem gedung gitu. waktu itu perginya mencar2 pake angkot, nah angkot yang dinaikin sama kelas aku salah ngira. kita ngiranya pasar tradisional yang satu lagi...trus nyampe sana kebingungan dan satu orang temen aku pun nelpon ke guru. JRENG JRENG, ternyata kita salah tempat...pake diomelin pula T.T (meskipun sebenernya baik, tp klo lagi ngajar tu guru suka galak dan kadang2 galaknya gak ketulungan...hehehe). guru itu pun langsung nyuruh kita ke pasar modern aja. di pasar ini kita tugasnya ngewawancarain pedagang di beberapa toko yang sama...tujuannya untuk ngebandingin harga dan dibuat data statistiknya. awal2 CTL kita emang lebih nyambung ke pelajaran matematika...pas belajar mean, modus, median, bla bla bla materinya emang lumayan banyak, dan klo cuma di kelas aja pasti pada ngejelimet.

    selain itu, cerita2 serunya masih ada pas CTLnya di sungai belakang sekolah, bodogol, sama kebun raya (lagi). pas CTL ke sungai kita disuruh ngitung debit aliran sungai dan harus nyemplung ke sungainya buat ngitung itu. tapi karena yang cewek2 pada anggun semua seragamnya (alias pake rok...hahaha), jadi yang turun cuma cowok2 aja....dan cewek2 pun cuma tugas nyatetin data2nya, hihihi. tapi gak semua cewek yang nyatet karena ntar malah jadi bingung liatnya. ya paling 3-4 orang. sisanya cuma diem ngeliatin...tapi aku sama temen aku maen lempar batu ke sungai. siapa yang paling jauh berarti dia yang menang...hehehe.

    nah, pas CTL ke kebun raya (lagi), materi CTLnya bahasa inggris dan kita pun disuruh wawancara turis2 yang dateng ke situ. masing2 kelas dibagi jadi 2 kelompok. dan karena kelompok, aku cuma jadi pendengar aja....hehehe ^^v. di kelas cowok nih yang bikin ngakak. kan ada 1 bule yang mau mereka wawancarain, trus karena bulenya lagi jalan jadi mereka ngikutin bule itu dari belakang. nah pas bulenya nengok ke belakang, bulenya malah lari dong....hahaha, mungkin  tu bule ngerasa diikutin kali ya trus ngiranya yang aneh2...haha. bulenya lari gitu, mereka pun juga ikut2an lari ngejar2 tuh bule sambil mangil "mister2"...hahaha *kocak banget deh kelakuan anak2 cowok itu =))*... tapi usaha mereka ternyata gak sia2 karena bule itu akhirnya berenti dan mau diwawancara. dan pada saat mereka presentasi, adegan ngejar2 bule itu pun juga dipraktekin....semuanya pun pada ngakak dengan kompaknya =)) =)) =)). (sebenernya temen aku ada yang punya videonya, tapi belum sempet aku copy. nanti klo udah dicopy, aku edit deh postnya trus aku upload klo emang gak berat. dijamin bakal ngakak nontonnya...hahaha).

    trus terakhir kita CTL ke bodogol di gunung gede pangrango. cowok cewek beda jadwalnya. ya maklum lah, SMAnya kan pesantren...hehe. eh, tapi kayaknya waktu itu penginapannya juga gak cukup kapasitasnya klopun digabung. jadi cowok duluan yang ke sana, abis cowoknya pulang baru yang cewek berangkat ke sana. kita ke sana nyewa angkot...tapi angkot pun gak bener2 nyampe ke tempat tujuan. karena jalannya ngelewatin sawah2, masih tanah dan beberapa lumayan curam. jadi kita turun di suatu tempat yang udah ada guidenya...trus kita jalan dari situ nyampe ke penginapan (klo di sana dibilangnya asrama) sekitar 7 km (klo gak salah...hehe). berangkat dari tempat itu jam setengah 3, trus nyampe asrama jam 5. wuiiihhh....pada pegel2 deh kakinya. di sana kita istirahat dulu sampe ba'da isya....trus baru makan malem. abis makan malem, kita ada kegiatan berburu kodok sama uler ==. CTL kali ini materinya emang biologi dan aku kurang suka biologi. aku lebih suka matematika daripada biologi (dulu ya...klo sekarang kayaknya gak dua2nya, hehehe). bayangin malem2 abis ujan nyari kodok sama uler ==. nyari ulernya itu yang bikin rada merinding, mana gelap pula (sebenernya ada yang bikin aku lebih takut lagi, tapi gak mau dipublish ah..hehe :p)...agak takut, tapi seru banget karena rame2...jadi kayak berpetualang gitu :D. pas tahap pencarian, banyak nemu kodok tuh (katanya klo abis ujan emang banyak kodok yang muncul)...lagi pada asik2nya nemu kodok, aku kayak ngelewatin pohon gitu di sebelah kiri dan berasa kayak ada yang ngelilit2 di pohon. tapi aku gak berani nengok ke arah pohon itu, dan aku diem aja sambil terus jalan...heu. ngelanjutin perjalanan sampe pulang sambil mikir yang tadi itu uler apa cuma perasaan aja ya *cemas*.

    trus pas nyampe ke gazebo (tempat makan), aku ceritain ke temen aku... dan temen aku pun malah bilang "yah deaaa...kenapa gak bilang, justru itu kan yang kita cari. nemunya kodok melulu, bosen",
    "kan serem vi...tau2 dipatok gimana --" ",
    "yah sayang banget..."
    "...."
    selesai ngamatin kodok itu, kita lanjut ke kegiatan di kasur alias tiduurrrr...hehehe. tidur jam setengah 12 (klo gak salah) dan bangun jam 4, siap2 ke kegiatan berikutnya. kita2 disuruh jangan mandi dulu, soalnya kan mau liat2 satwa yang ada di situ (primata sama burung)...klo mandi kan wangi, dan hewan2nya malah jadi ngejauh katanya. kata guru aku "kan klo belum mandi bau tuh, jadi dia nganggepnya sahabat...hahaha" ==. meskipun begitu, ada beberapa adek kelas aku yang tetep mandi. setelah siap2 dan keluar kamar, kita pun sarapan dulu (sarapannya nasi goreng pake kerupuk bawang yang pinggirnya warna-warni...aku masih inget banget, hehehe). abis sarapan, kita pun berangkat...ada 3 tujuan tempatnya dan dibikin jadi beberapa kelompok biar gantian dan gak terlalu rame. pertama kita semuanya rame2 ke air terjun \(^o^)/...foto2 di sana, hihihi. ada setengah jam lah di air terjun itu. abis dari air terjun, yang kelompok aku ke tempat rehabilitasi hewan (apa ya namanya, lupa ==a)...di sana liat beberapa burung sama owak jawa (salah satu jenis monyet endemik jawa. monyet sama kera beda lho...klo monyet punya ekor, sedangkan kera gak punya. ukuran badan kera juga biasanya lebih besar dari monyet. endemik artinya khas, cuma ada di daerah itu aja...berarti endemik jawa cuma ada di jawa aja :D). dapet banyak informasi tentang owak jawa...lucu ih liat mukanya, hehe (ntar kapan2 aku share deh info2nya :D). abis dari situ, kelompok aku ngelanjutin pergi ke kanopi (jembatan pohon...jadi dari pohon ke pohon dibikin jembatan gantung)...di perjalanan kita dikasih tau beberapa tumbuhan yang bisa dimakan sekaligus yang bisa jadi obat *banyak pengetahuan yang didapet dari sini*.

    pas nyampe kanopi, kita jalan2 deh di jembatan itu....wiihhh, seruuu ^^b. tapi sayangnya kita cuma bisa jalan sampe pohon ke-1 cos katanya jembatan yang ke sana2 rusak karena ada pohon yang tumbang *yaaaaah. abis dari sana kita semua kembali ke gazebo istirahat sebentar. abis istirahat, kita ngikutin permainan dulu beberapa menit, setelah itu baru mandi. abis mandi, sholat dzuhur trus makan siang...dan abis makan siang pun kita pulang. jalan 7 km lagi deh...hehehe. pulangnya naek angkot lagi....nyampe sekolah kira2 mau maghrib. abis pada sholat maghrib, kita pun pulang...walaupun cuma 2 hari 1 malem tapi seru banget kesannya dan kadang kita suka pengen lagi ke sana, hohoho.

    itu CTL terakhir kalinya untuk aku sama temen2 lainnya yang seangkatan. waktu itu kita udah kelas 3, jadi kita pun fokus ke UAN dan setiap minggu udah gak ada lagi yang namanya CTL, udah diganti sama try out tiap hari kamis, jumat, sabtu.... bener2 kangen deh klo inget masa2 itu :). sampe2 ada nih 1 temen aku yang cowok bikin puisi tentang CTL, karena saking berkesannya kali ya...hahaha. judul puisi ini "Rabu Kelabu" karena kita CTLnya setiap hari rabu. kenapa kelabu? karena kita harus ngeluarin uang 20rb buat makan sama transportnya...hehe. nih puisinya:


    Di hari itu
    Sebuah keputusan dipersetuju
    Untuk CTL setiap hari rabu
    Bertujuan untuk meningkatkan mutu

    Tapi yang di dapatkan justru
    Hari hari yang kelabu
    Kesana kesitu
    Rp. 20.000,-

    Dari BEJ hingga pabrik tahu
    Dari ancol hingga balitro di cimanggu
    Meninggalkan kenangan yang seru
    Itulah CTL di hari rabu

    Tapi kini CTL telah berlalu
    Diganti dengan hal yang baru
    Yaitu try out kamis jumat sabtu
    Sekarang kami hanya menunggu waktu

    Dan demi waktu
    Yang bergulir di sampingku
    Berat rasa hatiku
    Meninggalkan semua itu

    2 komentar:

    1. wiiih.. enak banget sma tiap minggu jalan2...

      perasaan saya dulu sma ga ada gitu2an deh..

      ada cuman study tour doang... :hammer:

      BalasHapus
    2. klo study tour mah beda lagi...hehehe

      BalasHapus

     

    About Me

    Foto saya
    just a human :D sometimes i'm invisible...haha

    Follower